Pendidikan Agama Islam

HAKEKAT DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

 

A. Pentingnya Pendidikan Islam

Pendidikan Islam merupakan kebutuhan esensial bagi manusia. Bahkan karena pentingnya, maka Allah swt menempatkan perintah membaca sebagai instruksi pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad saw. Dari ayat pertama dimaksud dapat dipahami bahwa Islam adalah agama yang sangat peduli terhadap pendidikan. Hal ini sebagai bukti betapa pentingnya posisi ilmu pengetahuan bagi kemaslahatan manusia.

 

Kebutuhan akan pendidikan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Ini adalah konsekuensi logis bagi manusia sebagai makhluk yang berakal, yang memiliki kepentingan dan kebutuhan sesuai dengan zamannya. Dengan demikian aktivitas pendidikan telah ada sejak manusia ada. Ini terbukti bahwa transformasi budaya telah berlangsung mulai dari manusia pertama, dan selanjutnya berkembang sampai generasi berikutnya.

 

Demikian halnya dengan pendidikan Islam juga mengalami perkembangan, dimulai dari fase Rasulullah saw, zaman Khulafa al-Rasyidin, Daulah Umayah, zaman keemasan pendidikan Islam dialami pada priode Daulah Abbasiyah, kemudian statis dan bahkan menurun dan bahkan mengalami kemerosotan sejak Daulah Usmaniyah. Tapi setelah itu bangkit kembali mengalami kemajuan setelah abad kedua sampai sekarang.

 

Pendidikan dapat memberikan pengaruh langsung kepada manusia. Peradaban yang berkembang dalam satu komunitas sosial sangat ditentuikan oleh berkualitas tidaknya pendidikan masyarakat tersebut. Logisnya bila suatu masyarakat memiliki tingkat pendidikan yang tinggi maka dapat dipastikan masyatakat tersebut memiliki peradaban yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Di sini posisi penting pendidikan Islam membentuk watak dan prilaku manusia yang bermartabat.

 

B. Hakekat Pendidikan Islam

Sebelum lebih jauh membahas persoalan hakekat pendidikan, maka dipandang perlu mengemukakan pengertian pendidikan. Oleh beberapa pakar pendidikan telah memberikan pengertian pendidikan: Hasan Langgulung misalnya mengatakan, pendidikan dalam pengertian luas, suatu proses mengubah dan mentransfer nilai-nilai kebudayaan kepada setiap individu dalam masyarakat Sementara Soegondo mengatakan, pendidikan adalah upaya sadar dan sengaja dari orang dewasa dengan menggunakan sejumlah cara dan metode menanamkan kesadaran untuk bersikap obyektif dan penuh tanggung jawab atas aktivitasnya

 

Sekalipun redaksional berbeda, namun subtansi dari tataran tantang pendidikan mempunyai titik temu. Korelasi dari pendapat tersebut adalah bahwa dalam interaksi pendidikan, terdapat aktivitas transfer ilmu dari satu orang kepada orang lain dengan menggunakan cara yang utuh dan terencana. Sebab bila suatu interaksi pendidikan dilakukan tanpa perencanaan yang maksimal, maka dapat dipastikan bahwa tidak dapat mencapai hasil maksimal. Sehingga dalam dunia pendidikan dikenal adanya perenecanaan yang matang dan sistimatis.

 

Dalam konferensi dunia tentang pendidikan Islam pertama di Mekah tahun 1977 telah merekomendasikan pendidikan Islam secara makro adalah suatu upaya menyatukan konsep tarbiyah, ta’lim, dan ta’bid. Sekalipun penggunaan-penggunaan ketiga istilah tersebut masih terdapat silang pendapat. Namun penggunaan istilah ta’bid dalam dunia pendidikan Islam dianggap paling tepat. Ta’bid adalah istilah yang sangat tepat dalam dunia pendidikan, sebab pada dasarnya pendidikan Islam bukan hanya transformasi ilmu pengetahuan dan budaya, tapi lebih dari itu esensi dari pendidikan Islam adalah penanaman nilai-nilai adab dan moral, serta perilaku yang sportif dan bertanggung jawab pada individu Muslim yang pada akhirnya bermuara pada peradaban Islam.

 

Pada prinsipnya Islam mengakui pada diri manusia terdapat potensi untuk berbuat baik sekaligus berbuat jahat. Sehingga Islam berusaha mengarahkan potensi tersebut dalam koridor agama,[6] usaha ke arah tersebut bukan hanya perpindahan sejumlah teori ilmu pengetahuan, tapi lebih dari itu juga adalah penanaman nilai-nilai moral. Sejalan dengan itu, hakekat pendidikan pada dasarnya adalah mewariskan nilai-nilai Islami yang menjadi penuntun dalam melakoni aktivitasnya yang sekaligus sarana untuk membentuk peradaban manusia.

 

Sebab pendidikan lah yang dapat merobah peradaban manusia, tanpa usaha pendidikan. Diyakini bahwa manusia dekade sekarang tidak akan merancang masa depan dengan baik. Secara ekstrim dapat dikatakan bahwa maju mundurnya suatu masyarakat manusia, sangat ditentukan pada berkualitas tidaknya pendidikannya. Pendidikan Islam yang memiliki corak spesifik, maka pendidikan Islam pada hakekatnya berorientasi pada nilai-nilai saences ilahiyah. Sehingga muatannya adalah menggiring anak didik untuk lebih mengenal Tuhannya.

 

Manusia sebagai khalifah, memang dituntut tanggung jawab moral untuk memiliki integritas pribadi sebagai ciri mukmin yang berpendidikan. Dengan integritas pribadi yang tinggi, manusia terdidik merasa terpanggil untuk berbuat lebih maksimal untuk memperbaiki taraf hidupnya serta masyarakat di sekitarnya. Hal ini sangat beralasan, karena orientasi pendidikan Islam adalah mengantarkan anak didik ke arah kehidupan yang lebih baik.

Dengan demikian, maka pendidikan dapat dipahami bahwa hakikat pendidikan Islam adalah penanaman nilai-niali spritual. Sebab dengan pendidikan Islam diharapkan lahir manusia muslim yang berpengetahuan yang antara satu dengan lainnya saling membantu. Dengan pendidikan Islam yang optimal dapat ditemukan keseimbangan dalam pribadi muslim, sehingga antara satu dengan lainnya dapat mengetahui peran masing-masing.

 

Sejalan dengan itu, M.Arifin mengatakan bahwa hakikat pendidikan pada dasarnya adalah usaha transformasi ilmu pengetahuan dan pembinaan orang dewasa beranak didik secara sadar dan terencana, untuk mengarahkan anak didik dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak dalam lembaga pendidikan, baik pendidikan formal maupun non-formal.

 

Pendidikan Islam pada dasarnya adalah upaya manusia yang terstruktur dan terencana, sehingga dapat membentuk pribadi muslim yang berkualitas. Sejalan dengan itu pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada aspek pengetahuan saja, tapi lebih dari itu aspek moral dan religi juga menjadi prioritas utama hal ini sejalan dengan QS al-Mujadalah (50): 11

 

… يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا لعلم درجت و الله بما يعملون خبير

 

… Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 

Strata sosial seseorang sangat ditentukan oleh integritas ilmu  dan moral seseorang. Dengan ilmu dan iman, seseorang dapat kehormatan di dunia dan di akhirat.

 

C. Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan pada dasarnya adalah harapan atau hasil dari suatu usaha. Demikian pula dengan pendidikan Islam, yang diharapkan setelah aktivitas belajar. Tujuan maksimal dapat diraih bila didahului oleh usaha maksimal pula.

 

Tujuan pendidikan Islam pada dasarnya sejalan dengan tujuan hidup pribadi muslim itu sendiri. Sementara tujuan yang paling asasi bagi seorang muslim dapat dilihat pada QS al-Anbiy : 5 dan QS Az-Zariat : 58. Dari kedua ayat tersebut terlihat jelas tujuan hidup seorang muslim adalah untuk mengabdi kepada Allah swt sehingga seluruh aktivitasnya bermuara pada pencapaian ridha dan magfirah Allah swt.

 

Hasan Langgulung mengidentikan antara tujuan pendidikan Islam dengan tujuan hidup, sebab pada dasarnya pendidikan sendiri adalah menjaga kehidupan manusia. Dalam konteks Islam dengan tegas dikatakan bahwa apabila aktivitas manusia harus berhubungan dengan Allah swt. Lebih lanjut dikatakan bahwa tujuan pendidikan Islam juga harus melihat sifat-sifat dasar manusia menurut pandangan Islam, sebab pendidikan Islam akan memberikan dampak langsung kepada manusia. Dilihat dari teoritis tujuan pendidikan ditempuh secara hirarkis, misalnya tujuan intermidier (sementara atau antara) menjadi sasaran kemampuan antara yang mutlak dicapai pada jenjang pendidikan tertentu, tujuan selanjutnya adalah insidental sesuatu yang tidak direncanakan, tetapi dapat dijadikan sasaran dari proses pendidikan pada jenjang tertentu pula. Tujuan pendidikan secara teoritis bertujuan untuk memudahkan proses kependidikan melalui tahapan yang terstruktur ke arah tujuan umum atau tujuan akhir.

Dalam sistim operasionalisasi kelembagaan pendidikan, tujuan pendidikan secara berjenjang dalam struktur instruksional. Sehingga tergambar klassifikasi yang makin meningkat. Tujuan pendidikan bila dilihat dari sistem instruksional dapat dilihat sebagai berikut:

a.   Tujuan inrtruksional khusus diarahkan pada setiap bidang studi yang mutlak  dikuasai dan diamalkan oleh peserta didik;

b.   Tujuan instruksional umum, diarahkan pada pengetahuan sekaligus pengamalan suatu bidang studi secara umum;

c.   Tujuan kurikuler yang akan dicapai melalui Garis-garis Besar Program Pengajaran di setiap jenjang pendidikan;

d.   Tujuan institusional, yujuan yang hendak dicapai menurut program pendidikan di tiap sekolah atau lembaga pendidikan tertentu secara bulat;

e.   Tujuan umum atau tujuan nasional adalah cita-cita hidup yang ditetapkan melalui proses pendidikan dengan berbagai cara atau sistem, baik formal, non-formal, maupun informal.

 

Demikian pula dengan tujuan pendidikan Islam sedapat mungkin penetapan tujuan akhir mutlak terpikirkan, sehingga dapat menghindari deviasi secara tetap pada koridor yang diinginkan. Koridor yang dimaksud adalah terciptanya pola kehidupan yang baik, melalui beberapa pencerahan jiwa, otak, penalaran, perasaan, dan indera. Pendidikan sedapat mungkin memberikan kontribusi terhadap perkembangan spritual, intelektualitas, imajinasi, jasmaniah, yang pada akhirnya berujung pada sosok manusia yang berserah diri kepada Allah.

 

Sementara menurut Oemar Muhammad al-Toumy al-Syaebani, tujuan pendidikan adalah perubahan yang diinginkan dan proses pembelajaran baik terhadap individu maupun kolektifitas dalam masyarakat serta terhadap alam sekitar, tempat manusia tersebut hidup. Sehubungan dengan rumusan pendidikan begitu luas, maka tujuan tersebut dapat dibedakan menurut tugas manusia secara filosofis sebagai berikut:

a. Tujuan individu yang terkait dengan perseorangan hubungannya dengan keselamatan dunia dan akhirat;

b.  Tujuan sosial kaitannya dengan kehidupan sosial sebagai keseluruhan dan tingkah laku masyarakat umumnya serta perubahan-perubahan yang diinginkan pada pertumbuhan pribadi, pengalaman dan kemajuan hidupnya;

c.  Tujuan profesional yang menyangkut pengajaran sebagai ilmu, seni, dan profesi serta kegiatan lain dalam masyarakat.

 

Menurut Al Syaibani, tujuan pendidikan Islam adalah :

ü  Tujuan yang berkaitan dengan individu, mencakup perubahan yang berupa pengetahuan, tingkah laku masyarakat, tingkah laku jasmani dan rohani dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki untuk hidup di dunia dan di akhirat.

ü  Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat, mencakup tingkah laku masyarakat, tingkah laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, memperkaya pengalaman masyarakat.

ü  Tujuan profesional yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, sebagai seni, sebagai profesi, dan sebagai kegiatan masyarakat.
Dengan demikian dapat diambil suatu pemahaman bahwa tujuan pendidikan Islam itu mengandung tiga hal yaitu berkaitan dengan masalah individu, masyarakat dan pofesionalisme. Sehingga apabila tiga hal tersebut dapat dicapai maka tujuan pendidikan pun tercapai.

Salah satu aspek penting dan mendasar dalam pendidikan adalah aspek tujuan. Merumuskan tujuan pendidikan merupakan syarat mutlak dalam mendefiniskan pendidikan itu sendiri yang paling tidak didasarkan atas konsep dasar mengenai manusia, alam, dan ilmu serta dengan pertimbangan prinsip prinsip dasarnya. Hal tersebut disebabkan pendidikan adalah upaya yang paling utama, bahkan satu satunya untuk membentuk manusia menurut apa yang dikehendakinya. Karena itu menurut para ahli pendidikan, tujuan pendidikan pada hakekatnya merupakan rumusan-rumusan dari berbagai harapan ataupun keinginan manusia.

Maka dari itu berdasarkan definisinya, Rupert C. Lodge dalam philosophy of education menyatakan bahwa dalam pengertian yang luas pendidikan itu menyangkut seluruh pengalaman. Sehingga dengan kata lain, kehidupan adalah pendidikan dan pendidikan adalah kehidupan itu. Sedangkan Joe Pack merumuskan pendidikan sebagai “the art or process of imparting or acquiring knomledge and habit through instructional as study”. Dalam definisi ini tekanan kegiatan pendidikan diletakkan pada pengajaran (instruction), sedangkan segi kepribadian yang dibina adalah aspek kognitif dan kebiasaan.

 Theodore Meyer Greene mengajukan definisi pendidikan yang sangat umum. Menurutnya pendidikan adalah usaha manusia untuk menyiapkan dirinya untuk suatu kehidupan yang bermakna. Alfred North Whitehead menyusun definisi pendidikan yang menekankan segi ketrampilan menggunakan pengetahuan. Untuk itu, pengertian pendidikan secara umum, yang kemudian dihubungkan dengan Islam -sebagai suatu sistem keagamaan- menimbulkan pengertian pengertian baru yang secara implisit menjelaskan karakteristik karakteristik yang dimilikinya. Pengertian pendidikan dengan seluruh totalitasnya, dalam konteks Islam inheren salam konotasi istilah “tarbiyah”, “ta’lim” dan “ta’dib” yang harus dipahami secara bersama-sama. Ketiga istilah itu mengandung makna yang amat dalam menyangkut manusia dan masyarakat serta lingkungan yang dalam hubungannya dengan Tuhan saling berkaitan satu sama lain. Istilah istilah itu sekaligus menjelaskan ruang lingkup pendidikan Islam; informal, formal, dan nonformal

Ghozali melukiskan tujuan pendidikan sesuai dengan pandangan hidupnya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu sesuai dengan filsafatnya, yakni memberi petunjuk akhlak dan pembersihan jiwa dengan maksud di balik itu membentuk individu-individu yang tertandai dengan sifat-sifat utama dan takwa. Dengan ini pula keutamaan itu akan merata dalam masyarakat.

Hujair AH. Sanaky menyebut istilah tujuan pendidikan Islam dengan visi dan misi pendidikan Islam. Menurutnya sebenarnya pendidikan Islam telah memiki visi dan misi yang ideal, yaitu “Rohmatan Lil ‘Alamin”. Selain itu, sebenarnya konsep dasar filosofis pendidikan Islam lebih mendalam dan menyangkut persoalan hidup multi dimensional, yaitu pendidikan yang tidak terpisahkan dari tugas kekhalifahan manusia, atau lebih khusus lagi sebagai penyiapan kader-kader khalifah dalam rangka membangun kehidupan dunia yang makmur, dinamis, harmonis dan lestari sebagaimana diisyaratkan oleh Allah dalam al Qur’an. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang ideal, sebab visi dan misinya adalah “Rohmatan Lil ‘Alamin”, yaitu untuk membangun kehidupan dunia yang yang makmur, demokratis, adil, damai, taat hukum, dinamis, dan harmonis.

Munzir Hitami berpendapat bahwa tujuan pendidikan tidak terlepas dari tujuan hidup manusia, biarpun dipengaruhi oleh berbagai budaya, pandangan hidup, atau keinginan-keinginan lainnya. Bila dilihat dari ayat-ayat al Qur’an ataupun hadits yang mengisyaratkan tujuan hidup manusia yang sekaligus menjadi tujuan pendidikan, terdapat beberapa macam tujuan, termasuk tujuan yang bersifat teleologik itu sebagai berbau mistik dan takhayul dapat dipahami karena mereka menganut konsep konsep ontologi positivistik yang mendasar kebenaran hanya kepada empiris sensual, yakni sesuatu yang teramati dan terukur.


Mahasiswa mampu memahami sosiologi Pendidikan baik secara teori maupun secara aplikasi dalam dan di luar proses pembelajaran

Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur Administrasi Pendidikan Dan mampu mengaplikasikan unsur-unsur Administrasi Pendidikan dalam lembaga Pendidikan atau dimana saja tempat bekerja

psikologi belajar adalah

Mampu menjelaskan pengertian statistik, arti dan jenis data dan dapat membedakan skala pengukuran dan dapat menjelaskan arti dan jenis variable

psikologi belajar adalah