Pendidikan Matematika

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman tentang konsep Turunan Parsial, Turunan Parsial fungsi dua variabel, tiga variabel, Turunan Parsial Lebih dari tiga variabel. Differensial Total dan Turunan Total. Aplikasi Turunan Parsial. Differensial Total, dan Turunan Total, Integral dalam Rn, Integral Ganda dua dan ganda tiga dalam Koordinat polar. Aplikasi Integral ganda dua dalam koordinat polar. Integral ganda dua dan tiga dalam koordinat tabung dan bola. Aplikasi integral ganda dua dan tiga dalam koordinat tabung dan bola. Integral garis dan Integral Permukaan.

Mata kuliah ini merupakan lanjutan mata kuliah Aljabar Linear I yang bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami konsep ruang euclidis, ruang vektor umum, ruang bagian, kebebasan linier, ketak-bebasan linier, basis dan dimensi, ruang baris dan ruang kolom matriks, ruang hasil kali dalam, panjang dan sudut ruang hasil kali dalam, basis orthogonal, koordinat dan perubahan basis, transformasi linier, nilai dan vektoreigen. Serta penekanan kuliah pada kemampuan berhitung dan memanipulasi secara aljabar dalam memanfaatkan teorema atau aturan dengan alasan yang tepat

Perkuliahan ini bertujuan melatih mahasiswa mengembangkan program pengajaran Matematika sebagai sintesis kemampuan-kemampuan yang telah dikembangkan dalam perkuliahan-perkuliahan sebelumnya. Kegiatan perkuliahan meliputi latihan terbatas menyusun Silabus Mata Pelajaran, Program Tahunan, Program Semester, Satuan Pembelajaran dan Rencana Pembelajaran (Skenario pembelajaran) untuk beberapa topik atau pokok bahasan Matematika SLTP, SMU dan SMK sesuai dengan kurikulum sekolah yang berlaku, mengembangkan model-model pembelajaran dan media pembelajaran matematika, melaksanakannya dalam kelompok (“peer teaching” atau micro teaching”). Menilai pelaksanaan pembelajaran Matematika menganalisis dan melaksanakan tindak lanjut untuk perbaikan. Untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa mengenal situasi nyata sekolah, dalam latihan kelompok dapat dilibatkan pula sejumlah siswa sekolah yang relevan.

Mata kuliah pemodelan matematika merupakan jembatan penghubung antara ilmu matematika dengan penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pada mata kuliah pemodelan matematika ini, lebih ditekankan pada proses memodelkan suatu kasus. Oleh karena itu, mata kuliah ini dibagi menjadi tiga topik dasar yang akan dibahas yaitu terminologi, contoh model matematika dan proyek pemodelan matematika. Adapun materi pada mata kuliah ini mencakup pemodelan matematika bentuk persamaan diferensial orde pertama, pemodelan matematika bentuk persamaan diferensial orde tinggi, pemodelan matematika bentuk sistem persamaan diferensial dan pemodelan matematika bentuk persamaan diferensial parsial

Mata kuliah ini memuat arti pentingnya metode numerik dalam pemecahan masalah , galat dalam komputasi numerik: galat mutlak, galat relatif, perambatan galat, angka siknifikansi, galat pembulatan, dan galat pemotongan, penyelesaian SPL secara numerik: metode jacobi, metode gauss-seidel, interpolasi: polinomial interpolasi, polinomial newton, metode selisih terbagi numerik: kudraratur, rumus-rumus kuadratur newton, cules (aturan trapesium, aturan simpsin,aturan simpson 3/8, aturan boole), metode romberg, hampiran nilai turunan: rumus-rumus selisih pusat dua titik, eksrtapolasi richardson, penyelesaian MNA secara numerik: metode euler, metode RK2, metode RK4

Mata Kuliah ini melanjutkan konsep kalkulus limit dan turunan dengan memperkenalkan konsep-konsep mengenai integral. Materinya meliputi konsep penulisan sigma, integral Reimann, definisi integral tentu, perhitungan integral tentu, teorema dasar kalkulus, sifat-sifat integral tentu, teorema nilai rata-rata, teknik pengintegralan, luas bidang datar, volume benda putar, panjang kurva, integral taktentu, aturan L’Hopital, serta integral tak wajar dan sifat-sifatnya.

Mata Kuliah ini memperkenalkan konsep-konsep dasar kalkulus yang meliputi: limit fungsi, kekontinuan fungsi, dan teorema-teorema limit;  definisi, sifat-sifat dan rumus-rumus turunan; serta definisi, sifat-sifat fungsi transenden beserta aplikasinya.

Mata kuliah ini dimaksudkanagar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman, tentang kajian Matematika SMA/SMK. Melalui kajian Matematika SMA/SMK mahasiswa diharapkan mampu menerapkannya dalam kontek kehidupan sehari-hari.