Pendidikan Sejarah

Mata Kuliah ini membahas tentang evaluasi kegiatan belajar mengajar sejarah di sekolah-sekolah tingkat lanjutan dalam memahami Kedudukan Evaluasi Pendidikan Di Dalam Kurikulum Dan Pengajaran, Evaluasi Pencapaian Belajar Siswa, Prinsib_Prinsip Dan Prosedur Penilaian Tes Hasil Belajar, Penilaian Autentik, Langkah-langkah Pengembangan Penilaian Serta Penerapan Kriteria Ketentuan Minimal, Teknik-Teknik Penilaian, Konsep Mutu Alat Evaluasi Hasil Belajar, dan Pengelolaan dan Pemanfaatan Hasil Penilaian

Metode penelitian sejarah adalah instrumen untuk merekonstruksi peristiwa sejarah (history as past) menjadi sejarah sebagai kisah (history as written) yang mencakup dalam Pemilihan Topik Penelitian, Studi Pendahuluan, Implementasi Penelitian, Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Historiografi

Mata kuliah ini membahas tentang penulisan sejarah dari masa ke masa berdasarkan bentuk dan metodologi yang melingkupinya. Mata kuliah ini juga membahas ilmu tentang cara penelitian sejarah sebagai pedoman dalam melakukan penelitian peristiwa sejarah dan permasalahannya. Dengan kata lain, metode penelitian sejarah adalah instrumen untuk merekonstruksi peristiwa sejarah (history as past) menjadi sejarah sebagai kisah (history as written) yang mencakup dalam Pemilihan Topik Penelitian, Studi Pendahuluan, Implementasi Penelitian, Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Matakuliah ini diharapkan menjadi pemahaman kepada mahasiswa dalam melakukan sebuah karya tulis sejarah maupun karya penelitian lainnya sehingga menjadi insan yang akademis dan profesional.